Audio : Langkah-Langkah Untuk Membantu Pendidikan Anak (Seri Pendidikan Anak 3)

Jalan-jalan yang ditempuh untuk membantu pendidikan anak

1.Memilih istri yang shalihah atau menjadi istri yang shalihah

Sejarah menunjukkan banyak laki-laki yang terpengaruh karena agama istrinya. Dikatakan dalam pepatah, “Laki-laki itu tergantung kepada agama istrinya”. Hal ini disebabkan suami yang karena cintanya kepada sang istri membuat dia berusaha untuk menuruti kemauan sang istri.

Atsar dari ulama salaf, “Wahai anakku janganlah kecantikan seorang wanita itu membuat kamu lupa menelusuri asal-usulnya, nasabnya, karena sesungguhnya menikahi wanita yang mulia adalah tangga menuju kemuliaan.” Walaupun nasab tidak berpengaruh secara langsung, tapi pada umumnya apabila merupakan keturunan dari keluarga yang baik maka diharapkan orang tersebut memiliki kemuliaan juga. Oleh karena itu Nabi dipilih dari nasab yang mulia, begitu juga istrinya.

Perkataan Abul Aswad, “Aku telah berbuat baik untuk kalian, pada waktu kalian masih kecil dan ketika kalian dewasa, bahkan ketika kalian belum lahir”, tanya anaknya, “Wahai Bapak, mengapa bisa demikian ?”, beliau menjawab, “Saya berbuat baik kepada kalian sebelum kalian lahir karena aku telah memilihkan seorang ibu yang kalian tidak pernah mencelanya.”

2. Berdoa agar diberikan keturunan yang shalih

Doa Nabi Zakaria, “Wahai Rabbku, karuniakanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik, sesungguhnya engkau Maha Mendengar Doa.”
Memperbanyak doa agar diberikan keturunan yang shalih, karena keshalihan seorang anak merupakan kehendak Allah. Tidak boleh menyandarkan kepada kemampuan orang tua saja dalam mendidik.

Salah satu doa dalam Al Quran, “Wahai Rabb kami, berikanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami yang dapat menjadi penyejuk pandangan, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

3. Menyambut kelahiran anak

Mensyukuri kelahiran anak baik laki-laki atau perempuan, dan segala keadaannya. Bahkan walaupun dilahirkan dalam keadaan cacat, orang tua harus tetap mensyukurinya.

“Siapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudian dia berbuat baik kepadanya, maka anak-anak perempuan tersebut menjadi dinding antara dia dengan api neraka.” HR. Bukhari

“Tidaklah seseorang itu memiliki 3 anak perempuan, atau 3 saudara perempuan, atau 2 anak perempuan , atau 2 saudara perempuan, kemudian dia bertakwa kepada Allah terhadap mereka, dan berbuat baik terhadap mereka, kecuali dia akan dimasukkan ke dalam surga.”

DOWNLOAD

https://i0.wp.com/sthelens.audiop.org.uk/thumbnails/download_large.gifLangkah-langkah Untuk membantu Pendidikan Anak (Al Ustadz Luqman jamal,Lc). Mp3

Tentang Abu Muslim
Lelaki Biasa dan Bukan Siapa-Siapa

Tinggalkan komentar